Pelayanan Malam Hari Disambut Antusias Warga

Terobosan Kelurahan Kedoyautara membuka pelayanan malam hari disambut antusias warga. Sejak dibuka pukul 19.00, warga mulai berdatangan untuk mengurus surat menyurat mulai dari perpanjang kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), permohonan pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM), hingga pembagian jatah beras bagi keluarga miskin (Raskin).


Hingga penutupan layanan pada pukul 21.00, pelayanan malam hari di Kelurahan Kedoyautara telah melayani 22 warga, yakni 5 warga memperpanjang KTP, 3 warga membuat KK, 1 warga membuat SKTM, dan 13 warga menerima pembagian jatah Raskin.

Sebagian besar warga Kelurahan Kedoyautara mengaku terbantu dengan adanya pelayanan malam hari ini. Terutama, terhadap warga yang membutuhkan pelayanan mendesak seperti yang dialami Hamdan, Warga RT 10/08. "Saya sangat terbantu dengan adanya pelayanan malam ini. Apalagi saya sangat membutuhkan SKTM malam ini juga," katanya kepada beritajakarta.com, Selasa (21/7) malam.

SKTM itu sangat dibutuhkan Hamdan untuk mendapatkan keringanan biaya berobat bagi anaknya yang telah meninggal dunia di RS Tarakan sekitar pukul 17.00, Selasa (21/7) sore. Sehingga, esok pagi jenazah anaknya bisa dibawa pulang untuk dimakamkan. "Pak lurah juga meminta puskesmas langsung melakukan verifikasi SKTM malam ini juga, agar besok pagi jenazah anak saya bisa langsung diambil. Anak saya meninggal karena terserang tifus," tuturnya sedih.

Selain Hamdan, perasaan puas juga diungkapkan Rudi (27), warga Perumahan Taman Ratu RT 12/11. Ia mengaku sangat terbantu dengan pelayanan malam yang dilaksanakan Kelurahan Kedoyautara ini. Karena dengan profesinya sebagai pedagang barang elektronik di Pasar Glodok, ia mengaku sangat sulit meluangkan waktu untuk mengurus KK.

"Saya tahu dari media kalau di kelurahan buka pelayanan malam hari. Jadi saat berangkat ke Glodok pagi, saya sudah siapkan syarat-syaratnya untuk mengurus KK. Dan sekarang, sambil jalan pulang saya mampir dulu di kelurahan," kata Rudi.

Pelayanan malam hari ini, menurut Rudi, justru lebih cepat daripada pelayanan hari-hari biasa. Bahkan, tidak ada pungutan apa pun. "Ini sangat bagus, terutama bagi kami yang tidak punya banyak waktu pada siang hari," ujarnya. "Ya kalau bisa dipertahankan, jangan hanya awal-awal saja bagus," imbuhnya.

Pelayanan malam hari yang perdana ini juga mendapat apresiasi positif dari sejumlah tokoh masyarakat, pengurus RT, RW, dan dewan kelurahan setempat. Mereka menyempatkan hadir untuk melihat dan membuktikan terobosan yang dilakukan Kelurahan Kedoyautara. "Pelayanan ini sangat tepat sasaran. Apalagi, kondisi warga Kelurahan Kedoyautara sebagian besar memiliki kesibukan tinggi. Kita bisa lihat, warga begitu antusias," ungkap Sanusi (51) salah seorang tokoh masyarakat RT 12/02.

Karena itu, ia berharap kepada aparat kelurahan bisa mempertahankan hal ini. Jangan sampai pelayanan ini hanya bagus pada awal saja. "Kita akan pantau program ini. Kalau suatu saat tidak lagi seperti saat ini, kami akan meminta lurah untuk mempertanggungjawabkan komitmennya," tegas Sanusi.

Mendapat tantangan dari warga dan tokoh masyarakat, Lurah Kedoyautara, Abdullah, menegaskan, program ini akan terus dipertahankan. Bila dalam tiga bulan pertama jumlah warga yang mengurus kebutuhan surat menyurat meningkat, dia akan menambah waktu pelayanan dari satu minggu tiap bulan menjadi dua minggu dalam setiap bulan.

"Sosialisasi kami berhasil. Buktinya, baru saja dibuka kami sudah melayani banyak warga. Apalagi, kami juga langsung dapat melayani pembuatan SKTM yang sangat dibutuhkan warga," kata Abdullah. Dia juga mengatakan, malam ini kelurahan juga melayani pemberian beras miskin (Raskin). "Kita telah melayani 10 warga yang mengambil Raskin," tambahnya.

Seperti diketahui, gagasan ini didasarkan atas sibuknya jam kerja masyarakat. Apalagi, dari 11 RW di Kelurahan Kedoyautara, 6 RW diantaranya merupakan pemukiman elite yang mayoritas warganya super sibuk mulai dari pagi hingga sore hari. Bahkan, ada yang sampai malam hari. Karena itu, dengan adanya pelayanan malam hari ini diharapkan dapat memudahkan warga yang ingin melakukan pengurusan surat-surat.

sumber : beritajakarta.com

posted under |
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Website Translator


Recent Comments